Kegiatan Lintas Pelkat

Wisata Rohani Sektor 3.. terakhir..?

  • Wisata Rohani Sektor 3.. terakhir..?
Waktu menunjukan pukul 06.10 WIB ketika daerah ruko taman borrobudur I dipenuhi oleh orang-orng berbaju oranye. Tua dan muda, laki-laki dan perempuan…

Siapakah mereka??

Ternyata mereka adalah warga sektor pelayanan 3 GPIB Jemaat Yudea Tangerang yang sedang bersiap-siap mengikuti acara wisata rohani di Villa Aries Biru, Cisarua tanggal 28~29 Mei 2010. 3 buah bis biru diikuti dengan beberapa mobil pribadi terlihat sedang diatur agar siap meluncur. Dan setelah semua peserta hadir dan siap berangkat, maka doa masing-masing di setiap bis pun dilakukan.

Perjalanan memakan waktu hampir 3 jam lebih ketika para peserta wisata tiba di Villa Aries Biru, dan ketika sampai panitia pun bergerak cepat untuk mengatur dan membagi kamar-kamar untuk para peserta. Terjadi sedikit kebingungan pada saat pembagian kamar namun tidak mengurangi sedikit pun kegembiraan dan kesukaan para peserta untuk mencari-cari kamar-kamarnya sendiri.
Ketika semua peserta “oranye” sudah selesai “unpacking” maka acara selanjutnya adalah ibadah pembukaan untuk mengawali runtutan acara selama 2 hari satu malam ini yang berlokasi di aula villa. Ibadah pembukaan dipimpin oleh pdt. H.S. Soselisa. Setelah ibadah acara berikutnya adalah acara santai sambil menunggu makan siang, dimana para peserta dapat bersantai-santai tidur-tiduran di kursi dekat kolam renang dan berfoto-foto ria di dekat kolam renang.
Makan siang pada hari itu sangat menyenangkan dimana masing-masing peserta membawa makan siang masing-masing dan dapat saling berbagi dengan sesama peserta sehingga makanan dapat terasa lebih nikmat dengan makan bersama-sama.

Tak lama sehabis makan siang dan juga istirahat, peserta dikumpulkan di lapangan olah raga untuk mengikuti acara permainan, yang dibawakan oleh ibu Pagy Tualena dan ibu Andha Henuk. Permainan-permainan yang disuguhkan sangat mengasyikkan dimana oma, opa, bapak, ibu, pemuda, remaja dan anak-anak bergabung dan bermain bersama dalam keceriaan dan kegembiraan. Salah satu permainannya adalah permainan kelompok dimana mereka bernyanyi dan tiba-tiba pemimpin permainan mengkomandokan untuk berkelompok sesuai jumlah yang disebutkan, alhasil semua orang berlomba adu cepat untuk mencari dan bersatu sesuai jumlah yang disebutkan. Tanpa terasa lelah permainan ini memakan waktu hampir 2 jam lebih. Dan pada permainan pipa air bola pimpong yang mendapat hadiah adalah dari kelompok ibu Tina Tobing dikarenakan mereka cukup kompak dan cepat.

Pada malam hari ketika waktu menunjukkan 19.40 WIB, makan malam pun tiba, telor blado, lalapan sayur mayur dan soto ayam siap disantap, para peserta pun makan dengan lahapnya.
Ketika memasukki sarasehan yang pimpin Pnt. Senewe dan Dkn. Neva, setiap peserta berhak memberikan masukan-masukan, pandangan-pandangan tentang seputar hal-hal yang terjadi di sektor pelayanan 3 dan juga di Gereja Yudea. Alhasil banyak yang ternyata selama ini memiliki keluhan dan juga masukan positif yang selama ini dipendam tentang banyak hal antara lain dengan sistem 1 majelis dan 10 kepala keluarga dan juga tentang rencana pemekaran sektor dimana terlihat minimnya informasi-informasi yang didapat sehingga warga jemaat cenderung bertanya-tanya dan sering kali mengarah kenegatifan. Canda, tawa dan tangisan ikut menghiasi acara sarasehan tersebut sehingga suasana terasa sangat bersahabat dan berkeluarga. Namun untunglah di tempat ini juga ada anggota majelis jemaat dan juga sehingga pandangan-pandangan tersebut dapat dicatat agar dapat menjadi bahan diskusi saat rapat majelis jemaat nanti.

Yang menjadi pertanyaan... ketika para orang tua, pemuda dan remaja berada di aula, dimanakah anak-anak yang kecil?? jawabnya adalah mereka sedang asyik nonton film-film anak yang ditembakkan oleh infocus. Sehingga tidak ada satu pun dari mereka yang mengganggu acara sarasehan para orang tua. Ide yang sangat bagus oleh panita wisata rohani ini....
Setelah acara sarahsehan tadi waktu menunjukkan pukul 21.30 WIB yang sudah melenceng dari jadwal yang sudah ditentukan panitia, dan masuk dalam ibadah penutup yang dipimpin kembali oleh pdt. H.S. Soselisa.

Esok harinya pada pukul 05.45 WIB acara diawali saat teduh di villa masing-masing yang dipimpin oleh majelis-majelis jemaatnya. Setelah itu dengan berseragam olah raga layaknya atlit-atlit dunia, para peserta berkumpul kembali di lapangan olah raga untuk mengikuti senam pagi yaitu poco-poco dan sajojo dipimpin oleh sdr. Ronaldo Laturette, “kong oma deng opa bagoyang” sampai berkeringat.

Setelah makan pagi yang nikmat, nasi goreng dengan potongan bakso dan telur ceplok yang lezat desertai krupuk yang renyah, para peserta berkumpul di Aula untuk ibadah pagi yang didalamnya terdapat diskusi-diskusi menarik seputar pelayanan para pelayan gereja Yudea yang dipimpin oleh Pnt. Nuah Sembiring. Tak lupa setelah selesai acara ini, para pendeta mendapat oleh-oleh dari warga sektor pelayanan 3.
Ketika sampai di acara santai setiap peserta bisa kembali bersantai, berenang, main futsal dan bernyanyi-nyanyi di saung karaoke bapak Andi tentua, dan ternyata diselingi juga dengan pembagian hadiah-hadiah door prize untuk para peserta.

Ada saatnya berkumpul, ada saatnya juga berpisah, setelah selesai makan siang para peserta bersiap-siap untuk kembali ke Tangerang. Setiap peserta yang kembali tentulah membawa sesuatu yang bisa dikenang, dari mulai pisang-pisang, ubi-ubi, gemblong dan juga perasaan senang, gembira juga sedih… Lho kok sedih?? Ya, karena bisa dibilang ini adalah perjalan wisata bersama sektor 3 (yang terkenal sektor yang paling banyak jumlah KK nya) yang terakhir dikarenakan akan ada pemekaran sektor yang bertujuan untuk pengembangan pelayanan gereja Yudea, namun meski begitu perlulah kita ingat selalu “dimana engkau di tempatkan disitulah rumahmu” sehingga kita tidak perlu kuatir dan cemas karena Tuhan Yesus Kristus beserta kita, hamba-Nya yang percaya kepada-Nya... Amin.





Tanggal Berlangsung

Deprecated: Non-static method DateUtil::format() should not be called statically, assuming $this from incompatible context in /home/k6226971/public_html/protected/views/event/detail.php on line 46
28 May 10

Tempat
Villa Aries Biru, Cisarua